Format Baru Ballon d’Or

¬†FIFA dan Ballon d’Or akhirnya resmi berpisah. Artinya, bisa jadi akan ada dua penghargaan lagi untuk pemain terbaik dunia. FIFA dan France Football (penyelenggara Ballon d’Or) bekerjasama menggelar penghargaan pemain terbaik dunia sejak 2010. Sebelumnya mereka memiliki penghargaan masing-masing.
format-baru-ballon-dorSebelum penyatuan, Ballon d’Or dianggap lebih bergengsi karena sudah ada sejak 1956, meski awalnya hanya mencakup pemain Eropa saja. Pada 2010, FIFA membayar 15 juta euro untuk bisa menyatukan dua penghargaan itu. Namun sekarang kontrak antara FIFA dengan pemegang hak Ballon d’Or saat ini (L’Equipe) sudah berakhir dan kedua pihak tidak bisa mencapai kesepakatan untuk perpanjangan.

France Football akhirnya membuat pengumuman bahwa mereka akan kembali menggelar penghargaan Ballon d’Or sendiri. Tanpa campur tangan FIFA, kini format Ballon d’Or pun akan sedikit berubah.

Yang pertama, shortlist pemain terbaik kini akan mencapai 30 pemain dari yang sebelumnya 23 pemain, Selain itu, tidak akan ada tiga finalis seperti yang dipilih dalam enam tahun terakhir.

Yang lebih penting, kini Ballon d’Or tidak akan lagi melibatkan kapten dan pelatih timnas dari seluruh negara anggota FIFA. Mereka hanya akan mengambil suara dari para jurnalis sepakbola terpilih dari seluruh dunia. Cara ini diyakini akan lebih obyektif untuk memilih pemain terbaik tanpa ada bias.

FIFA sendiri akan kembali menggelar penghargaan milik mereka; FIFA Player of the Year. Meski membawa nama FIFA, namun penghargaan ini dinilai kalah bergengsi dibanding Ballon d’Or karena baru dimulai pada 1991.

Selain itu, belakangan FIFA di bawah kepemimpinan Gianni Infantino menunjukkan gelagat akan lebih mengomersilkan penghargaan mereka. Salah satu indikasinya adalah menggelar penghargaan mereka di London demi memperbaiki hubungan dengan FA. Lalu ada rumor bahwa penghargaan FIFA akan disponsori oleh perusahaan dari Timur Tengah.

You May Also Like

About the Author: PusatJudiMaxbet

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *